Resep Manisan Kering Belimbing Wuluh




Resep Manisan Kering Belimbing Wuluh

BAHAN :
  • 2 kg belimbing wuluh
  • 1 kg gula pasir
  • 1,5 L air untuk merebus gula
  • 1 sdm kapur sirih tambah air 2 L
  • 4 sdm garam halus

   

CARA MEMBUAT :
  1. Siapkan belimbing wuluh, cuci bersih, dan Iris atau buang bagian pangkalnya sedikit, agar nantinya cairan gula gampang meresap.
  2. Letakkan belimbing wuluh ke dalam wadah plastik yang cukup besar, jangan menggunakan panci alumunium karena cairan buah yang asam akan menyebabkan luka/ rusak pada panci. Taburkan 4 sendok makan garam, aduk hingga rata. Hingga semua permukaan buah terlumuri garam dengan baik. Diamkan kira-kira selama 2 jam. 
  3. Setelah 2 jam, cuci bersih buah beberapa kali dengan air hingga garam hilang dan buah menjadi tidak terlalu asin. 
  4. Kemudian rendam blimbing wuluh dalam air kapur sirih selama kira-kira 1 jam saja, agar blimbing wuluh nantinya tidak gampang hancur. Setelah itu cuci bersih dan tiriskan.
  5. Rebus air dengan gula pasir sampai matang dan mendidih, biarkan sejenak kemudian siram larutan air gula itu ke blimbing wuluh diwadah tadi.
  6. Setelah dingin tutup rapat wadahnya, dan biarkan blimbing wuluh terendam dalam larutan air gulanya. Biarkan selama 24 jam
  7. Setelah terendam sehari, ambil atau tuang air gula yang dipakai untuk meredam, untuk dididihkan kembali dan kemudian kembali diguyurkan ke blimbing wuluhnya lagi. Tutup lagi setelah dingin dan biarkan terendam selama 24 jam lagi. Dan proses ini bisa diulang sekali lagi.
  8. Setelah 3x 24 jam blimbing wuluh selalu terendam dalam air gula, kini saatnya blimbing wuluh ditiriskan dan dijemur dibawah sinar matahari.
Penjemuran bisa dilakukan beberapa hari sampai blimbing wuluh menjadi keriput dan kering seperti manisan kismis tapi wujudnya besar.

Dan sekarang Manisan Belimbing Wuluh siap untuk disimpan dalam toples dan bisa disajikan dan dinikmati. Rasanya mirip dengan kismis manis-manis kecut.


0 Response to "Resep Manisan Kering Belimbing Wuluh"

Posting Komentar