Resep Udang Telur Asin


Resep udang telur asin ini tentunya akan sangat disukai oleh anak-anak, bisa dijadikan sebagai bekal makanan disaat anak-anak sekolah atau akan pergi piknik. Selain baik untuk anak-anak, udang telur asin juga baik untuk orang dewasa, bisa disantap sebagai camilan atau makanan berat yang dinikmati bersamaan dengan nasi putih dan saus sambal.

Bahan :

o 500 gr udang berukurang sedang ( pilihlah jenis udang galah yang segar, jika dimungkinkan untuk memilih udang yang masih hidung untuk lebih aman).
o 1 sendok makan air perasan jeruk nipis.
o 160 ml putih telur asin yang masih mentah ( 4 butir telur yang kemudian diambil putih telurnya saja).
o 2 buah telur asin matang ( dicincang kasar ).
o 1 batang bawang daun ( diiris tipis-tipis ).

Bahan salutan yang harus diaduk hingga merata :  

o 100 gram tepung maizena. o 100 gram tepung terigu.
o 3 butir telur asin ( diambil kuning telurnya saja ).
o Aduk bahan salutan hingga ketiga bahan teracampur dengan baik dan siap untuk digunakan disaat dibutuhkan

Cara Membuat Udang Telur Asin : 

  1. Lumuri semua permukaan udang dengan menggunakan air perasan jeruk nipis, setelah semua udang selesai dilumuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit.
  2. Siapkan sebuah wadah kecil dan masukkan putih telur asin kedalamnya. Ambil udang yang telah dilumuri air jeruk nipis tersebut dan celupkan udang kedalam mangkuk yang berisi putih telur asin hingga seluruh permukaan terlumuri.
  3. Gulingkan udang tersebut pada mangkuk kecil yang berisi bahan salutan di dalamnya, lumuri hingga seluruh permukaan udang terselimuti dengan baik dengan bahan salutan.
  4. Tuang minyak sayur kedalam pan, lebih baik jika penuh dan tunggu selama beberapa menit hingga minyak panas. 
  5. Setelah semua udang selesai dilumuri putih telur asin dan bahan salutan, goreng semua udang hingga berwarna coklat keemasan baru kemudian, angkat udang dari dalam kompor dan tiriskan.
  6. Letakkan udang yang sudah matang di atas piring saji yang sudah disiapkan sebelumnya dan tata dengan penempatan yang cantik, Anda bisa menambahkan irisan daun selada, irisan tomat dan mentimun di piring saji, sajikan udang telur asin dengan saus sambal.

0 Response to "Resep Udang Telur Asin"

Posting Komentar